-->

Resep Kue Bugis Lezat Serta Mudah Dibuat


Kue bugis bukanlah jenis kue yang asing lagi, terutama bagi kita yang hidup di Indonesia. Kue ini sudah melegenda dan banyak ditemui dan dijajakan di pasar. Dibalik popularitas nya, ada cerita menarik mengenai awal mula munculnya kue bugis. Kue bugis awalnya hanya ada di daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Seperti tersebut dalam namanya, kue ini berasal dari suku Bugis. Yang unik dari keberadaan kue bugis adalah kemiripannya dengan kue mendut di Jawa, namun resep kue bugis tentunya masih berbeda. Kue bugis yang asli merupakan kue yang dibalut dalam daun pisang yang tipis dan sudah kekuningan agar mudah dilipat. Warna dari kue bugis biasanya hijau. Warna tersebut di dapat dari sari daun pandan atau suji.
Namun seiring meningkatnya popularitas kue bugis dan semakin modern teknologi makanan, kue bugis tidak selalu dibungkus dengan daun pisang. Ada juga pilihan kue bugis yang dibungkus dengan plastik. Hal ini dikarenakan plastik mampu menutup lebih rapat dan menjaga keawetan kue. Warna dari kue bugis juga bisa bervariasi. Dengan menggunakan pewarna makanan baik alami maupun buatan. Warna-warna tersebut ditambahkan agar kue terlihat lebih menarik. Kue bugis yang dibungkus dengan daun pisang masih bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional dengan jenis-jenisnya yang beragam pula tergantung resep kue bugis yang digunakan.
Jenis-jenis kue bugis antara lain ada kue bugis asli dengan isian parutan kelapa yang dibalut gula merah cair. Warna dari versi asli kue bugis adalah warna hijau. Warna hijau didapat dari daun pandan. Adapun bahan untuk membuat lapisan luar kue bugis adalah ketan putih. Jika versi yang asli menggunakan ketan putih, ada juga kue bugis berwarna hitam yang warnanya didapat dari bahan ketan yang berbeda. Kue bugis yang satu ini tidak menggunakan ketan putih melainkan ketan hitam. Penyajian kue bugis ini biasanya hampir sama dengan kue bugis pada umumnya. Isian dari kue ini juga tidak jauh berbeda. Varian resep kue bugis yang sedikit berbeda adalah kue bugis mandi. Kue bugis mandi adalah kue dengan bulatan hijau yang dibalut lapisan terbuat dari santan kelapa dan ketan putih. Variasi kue bugis ini biasanya dibungkus dengan plastik dan bukan dengan daun pisang. Ketiga varian tersebut termasuk jajanan pasar yang populer selain nagasari dan kue lapis.

Resep Kue Bugis yang Mudah Dibuat

Bagi para ibu yang berminat membuat kue bugis sendiri di rumah, di bawah ini ada resep kue bugis spesial yang mudah di buat dan tentunya dengan rasa yang lezat. Untuk memulai membuat kue bugis, silahkan perhatikan resep dibawah ini.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue bugis antara lain:
Bahan Kulit Kue:
  • 200 gram tepung beras ketan putih yang sudah diayak
  • 150 mililiter santal kental
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula halus
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • Pewarna hijau (bisa dari pandan atau pewarna makanan buatan)
Bahan Isi Kue:
  • 100 gram kelapa parut
  • 60 gram gula merah
  • 50 mililiter air matang
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam atau sesuai selera.
Setelah bahan-bahan disiapkan, siapkan peralatan memasak seperti mangkuk adonan, daun pisang yang sudah di cuci untuk membungkus (gunakan plastik wrap jika daun pisang tidak memungkinkan), sendok, sarung plastik dan tidak ketinggalan alat kukus untuk mengukus kue.
Langkah Pembuatan Kue
Setelah resep kue bugis disiapkan, saatnya membuat kue bugis
  1. Siapkan wadah/tempat adonan. Masukan tepung beras ketan putih, gula halus dan garam. Aduk bahan-bahan tersebut hingga tercampur dengan rata.
  2. Setelah bahan tercampur dengan sempurna, masukkan air santan kental secara perlahan. Sembari menuangkan air santan kental sedikit demi sedikit, aduk adonan menggunakan tangan. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan plastik terlebih dahulu agar lebih higienis dan tidak lengket. Aduk adonan hingga adonan kalis.
  3. Tambahkan minyak sesuai takaran yang tertera di bahan untuk kulit lalu sisihkan adonan.
  4. Langkah selanjutnya ialah membuat isian kue bugis. Campurkan kelapa parut, gula pasir, gula merah, garam dan air matang. Campurkan bahan-bahan tersebut hingga tercampur rata.
  5. Setelah bahan dicampurkan, siapkan wajan untuk memasak isian kue. Panaskan api dan tuangkan adonan isian ke dalam wajan. Tidak perlu menggunakan minyak goreng.
  6. Tunggu hingga cairan gula mengental. Setelah mengental, dinginkan.
  7. Ambil adonan kulit ditangan dan dipipihkan. Masukkan isian kue lalu tutup lagi hingga isian tertutup sempurna.
  8. Bungkus dengan daun pisang.
  9. Kukus adonan di dalam alat pengukus dan tunggu hingga matang. Kue bugis siap disajikan.