-->

6 Bahan Alami Bisa Menyulap Uban Menjadi Hitam dengan Cepat

Contohgayarambut.com –  Bagi orang yang sudah bisa dikatakan dewasa hingga manula pasti akan mengalami masa pergantian rambut yang dulunya berwarna hitam pekat dan selalu dibanggakan kini sudah berubah menjadi putih. Rambut putih yang muncul menghiasi rambut ini merupakan hal yang tidak bisa dipungkiri lagi dan sudah sangat lumrah dikalangan pribumi pertanda bertambahnya umur. Uban bukan berarti dialami orang tua saja anak muda juga bisa mengalami hal ini penyebabnya bermacam-macam seperti faktor genetik, sering berganti-ganti minyak rambut, kurangnya asupan gizi pada tubuh , dan juga karena tingkat stress yang tinggi. Faktor genetik uban berarti gangguan pada warna rambut karena dihasilkan oleh kromosom yang diwariskan oleh orang tua.

Tetapi kebanyakan orang ingin selalu tampil stylist dan tampak lebih muda, berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan uban mulai dari memakai produk dari bahan-bahan kimia belum tentu barang yang kita gunakan nantinya membahayakan atau tidak. Apapun yang akan terjadi dikemudian hari tak akan terpikir dibenak kita ,karena yang ada hanya ingin berpenampilan menarik. Tanpa harus memikirkan akibat yang akan terjadi, terutama dalam menggunakan bahan-bahan kimia untuk pewarnaan rambut dan produk-produk lainnya. Kalau sudah begitu rambut akan cepat rusak bahkan bahkan beruban lebih banyak dan tak layak untuk dilihat. Pada artikel ini akan membahas cara menyulap rambut yang sudah beruban kembali berwarna hitam dengan memakai bahan-bahan alami yang sudah tidak diragukan lagi. Jika kita ingin rambut terlihat sehat dengan mengatasi uban , kita bisa memakai kulit kentang dan beberapa bahan lainnya dengan mengikuti cara alami menyulap uban berikut ini  :


1. Kulit kentang 




Tips  yang pertama yaitu dengan kulit kentang. Yang kita ketahui Kentang biasanya hanya untuk bahan masakan dan kue, sedangkan kulitnya selalu tak terhiraukan dan sering kita buang. Mungkin banyak yang tidak percaya jika kulit kentang bisa merubah rambut beruban menjadi hitam, hal ini sudah dibuktikan oleh dokter Anthony Youn pada saat acara Rachel Ray Show dan melakukannya secara langsung. Cara Penggunaanya ambilah segenggam kulit kentang yang sudah tidak terpakai dan masih fresh, 2  gelas air putih. Kemudian masaklah air tersebut dan masukkan kulit kentang pada air,  masaklah hingga mendidih hingga 30 menit.

Setelah mendidih, angkat dan biarkan sampai dingin. Jika sudah siap, ambil air  rebusan tadi siramkan pada kulit rambut dan bagian rambut luar lainnya hingga merata. Kita bisa memakai botol bekas minyak wangi yang spray untuk mempermudah penggunaan, memakai kuas bila ada, atau dimasukkan dalam botol bekas.  Lakukan pijatan-pijtan kecil saat memakainya, bilas dengan air bersih. Dan hanya dalam hitungan menit rambut kita akan terlihat lebih gelap, dan tanpa disadari uban yang tadinya berwarna putih akan berubah menjadi warna rambut asli kita. Hebat sekali bukan, segeralah mencoba dengan menggunakan kulit kentang.


2. Ampas Teh




Menghilangkan uban yang kedua bisa dilakukan dengan menggunakan ampas teh (buangan). Ampas teh ternyata bisa digunakan untuk mengatasi rambut putih (uban). Caranya membuatnya hanya perlu mendiamkan ampas teh yang tadinya sudah dipakai disimpan  selama satu hari. Kemudian, kita bisa menggunakan ampas teh tersebut dengan memakai seperti kita keramas ratakan hingga sampai di kulit rambut.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, campurkan ampas teh dengan 1/2 sdm garam aduklah hingga tercampur. Setelah proses keramas dengan menggunakan ampas teh kemudian diamkan rambut selama 1 jam, cucilah rambut hingga bersih. Lakukan aktivitas ini secara rutin agar terlihat hasilnya dan rambut kita sudah tidak beruban lagi.


3. Putih telur




Putih telur menjadi solusi berikutnya yang dapat menghilangkan uban lebih tepatnya menggunakan telur ayam kampung. Kebanyakan orang hanya sekedar tahu manfaat telur untuk merawat wajah, menjaga stamina, membersihkan kulit, padahal putih telur juga bisa digunakan untuk rambut yang beruban. Kita hanya memerlukan 3 butir telur ayam, dan membuatnya menjadi masker rambut.

Proses pembuatnnya ambil putih telur dari ketiga telur tersebut, campurkan dengan setengah gelas air hangat dan setengah sendok teh garam. Campurkan hingga merata, lakukan pengolesan pada bagian kepala  pada bagian rambut dan kulit kepala. Berikan pijatan-pijatan ringan guna merilekskan kulit kepala.Diamkan sampai 2 jam, jika sudah selesai bilaslah rambut sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga uban sudah tidak ada dan menghilang.


4. Yogurt




Cara lain untuk menghitamkan rambut beruban adalah menggunakan yogurt. Minuman fermentasi susu yang biasanya kita konsumsi ternyata mengandung zat yang bisa menghitamkan rambut. Manjakan rambut kita dengan menggunakan yogurt, masker yang  dibuat dengan rambut tentunya kan ada bahan lain sebagi pelengkap. Cara membutnya adalah belilah yogurt secukupnya tambahkan dengan lada hitam dan juga kopi bubuk.  Capurlah ketiga bahan tersebut berilah air sedikit agar tidak terlalu kental, kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala. Kita bisa membilasnya dengan air bersih jika sudah diamkan selama 1 jam.


5. Kemiri




Salah satu bumbu dapur masakan ibu yang sering digunakan untuk perawatan pada rambut. Khasiat kemiri untuk menghilangkan uban pada rambut. Karena didalam kemiri memiliki kandungan kadar minyak yang banyak. Ambil kemiri 5 biji, tumbuklah kemiri tersebut. Pada saat kemiri ditumbuk akan mengeluarkan minyak yang berwarna putih agak kekuningan. Gunakanlah minyak tersebut sebagai minyak rambut pada rambut kita. Lakukan perawatan tersebut secara rutin.


6. Daun rambutan




Daun rambutan yang selama ini kita tidak tau bisa dijadikan apa, ternyata bisa mengubah uban menjadi hitam. Namun tidak banyak orang yang mengetahui hal ini, jika ingin membuktikan hal tersebut cobalah untuk memanfaatkan daun rambutan. Ambil segenggam daun rambutan, blender daun sampai halus. Ambilah sarinya saja, kemudian siramlah pada rambut untuk sebagai masker. Diamkan hingga beberapa saat, bilaslah rambut dengan air bersih.