-->

Masker Alami Rambut Buat Atasi Kebotakanmu

Contohgayarambut.com – Kebotakan atau alopecia adalah kelainan yang terjadi dimana jumlah rambut pada setiap harinya lebih banyak yang rontok daripada yang tumbuh. Jumlah helai rambut yang sewajarnya sejumlah 50-100 per hari jika melebihi dari itu sudah tidak bisa dibiarkan lagi. Sebab lama-kelamaan akan menyebabkan kebotakan pada rambut . Kebotakan mayoritas dialami oleh pria pada umumnya hal ini disebabkan oleh lemahnya akar rambut yang dimiliki oleh pria sehingga membuatnya akan lebih mudah rontok . Gejala rambut rontok biasanya bebentuk melingkar, Tanda-tanda yang bisa dilihat yaitu ketika kita menyisir rambut merasakan bahwa telihat tak seperti biasanya, atau rontok yang berlebihan.

Adapun hal-hal yang perlu kita ketahui bahwasanya masih ada cara mengurangi kerontokan rambut bahkan membuatnya tumbuh sehat kembali. Yakni dengan menggunakan bahan-bahan alami, berikut masker kulit yang bisa kita pakai :

1. Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan




Pohon jambu biji merupakan tumbuhan yang tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Dari bagian pohon biji ini kita tidak hanya bisa mengkonsumsi buahnya saja melainkan kita bisa memanfaatkan daunnya sebagai obat herbal. Daun jambu biji tidak hanya mudah dicari dan orang sekitar juga tahu bahwa bisa menyembuhkan orang yang terkena diare, ada manfaat lain yang juga bisa meningkatkan trombosit bagi penderita demam berdarah.
Menurut para ahli, daun jambu biji bisa digunakan sebagai obat mengatasi kerontokan pada rambut jika kita melakukannya secara teratur dan dipakai untuk setiap harinya. Karena daun jambu kaya akan vitamin B. Vitamin B sangatlah perlu untuk menjaga kesehatan dan kesuburan rambut.  Proses pembuatannya ambilah segenggam daun jambu biji yang dipetik langsung, kemudian cuci hingga bersih. Kita tinggal merebus segenggam daun jambu bij dengan memasukkannya pada panci yang sudah berisi air dan rebuslah selama 20 menit.  Jika sudah mendidih, dinginkan sampai siap untuk dipakai.

Gunakan air rebusan  daun jambu tadi tuangkan sedikit demi sedikit pada kulit kepala sampai ke akar rambut hinga meresap. Lakukanlah sedikit pijatan-pijantan ringan pada bagian kepala, lalu diamkan hingga sampai satu jam atau saat kulit kepala mulai terasa gatal . Segeralah mencucinya dengan bersih. Untuk hasil optimal, bungkus rambut serta kepala dengan handuk atau shower cap saat sebelum tidur. Cuci rambut esok harinya. Dengan menggunakan daun jambu ini dapat mengendalikan kerontokan rambut. Karena ramuan ini bakal menguatkan akar serta folikel rambut.

2. Air Kopi Hangat 





Cara selanjutnya adalah menggunakan kopi ternyata kopi tidak hanya dibuat sebagai minuman penghangat saja. Proses mengaplikasikan kopi pada rambut rontok kita bisa menggunakan kopi yang sudah praktis dari pabrik atau hasil sangrai sendiri. Caranya adalah ambilah kopi sebanyak 10 sdm setelah itu campurkan dengan air tapi jangan terlalu encer kemudian oleskan air kopi pada kulit kepala, diamkan selama  20 menit lalu cucilah dengan air hingga bersih.
Dengan seperti itu kopi menajadi banyak manfaat dan tidak semata-mata hanya sebagai minuman. Penelitian ini sudah di akui oleh Dr Wolff Company’s Dr Adolf Klenk. Oleh karena itu, Dr Klenk merekomendasikan masker kopi menjadi salah satu cara mengatasi kebotakan.

3. Ramuan Alami 





Memiliki rambut sehat merupakan hal yang banyak diinginkan dari setiap orang. Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal , salah satunya dengan menggunakan ramuan alami sendiri. Ada ramuan yang bisa diaplikasikan pada rambut yang mengalami kerontokan parah. Kita hanya membutuhkan beberapa bahan diantaranya 1 kuning telur, 1 sdm asam malat atau serbuk kristal asam dari buah Apel, bisa dibeli di toko bahan kimia terdekat, atau menggunakan cuka apel,1 sdm minyak jarak (jarak biasanya tumbuh ditengah-tengah sawah), 2 sdm shampoo.

Proses pembuatannya pisahkan kuning dengan putih telur, campurkan dengan minyak jarak, asam malat dan aduk hingga tercampur semua. Kemudian masukkan shampoo aduk hingga rata, oleskan pada rambut hingga sampai ke akar-akar kulit hingga keujung rambut. Sebelum pemakaian dilakukan segeralah membasahi rambut.  Diamkan hingga 30 menit setelah itu bilas dengan air. Ramuan ini bisa dikukakn setiap keramas atau 2 minggu sekali.

4. Minyak Zaitun 




Minyak zaitun sudah sangat terbukti memiliki manfaat yang melimpah, minyak ini berfungsi  melembapkan dan memperbaiki sel rambut yang kuarang sehat. Khusus untuk rambut, jika tidak cepat dirawat, batang rambut akan rapuh dan mudah patah, ujung rambut akan mengalami pencabangan mengakibatkan kerontokan pada rambut kita.

 Minyak ini merupakan minyak yang kaya kandungan vitamin, dan mineral alami karena mampu menutrisi, melembapkan sel kulit kepala. Dengan seperti itu maka akan membuat pertumbuhan rambut terangsang dengan baik.
Cara membuatnya adalah siapkan 6 sdm minyak zaitun, 4 sdm madu. Campurkan minyak zaitun dengan  madu aduk hingga rata, basahi rambut sebeum pemakaian. Oleskan pada rambut hingga rata keseluruhan. Kemudian, bungkus rambut dengan shower cap diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air.Masker minyak zaitun ini bisa kita gunakan setelah keramas. Untuk hasil yang maksimal lakukan perawatan ini setiap 2-3 kali dalam seminggu.